UmiPramukaBBPaskibTPEhahasiap
Teknik Gambar Bangunan
Selayang Pandang
Program Keahlian : Teknik Bangunan
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kompetensi Keahlian : Teknik Gambar Bangunan


Tujuan program keahlian Teknik Gambar Bangunan membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :
  1. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang perencanaan gambar bangunan secara mandiri atau wirausaha.
  2. Mengembangkan pelayanan sebagai teknisi bidang perencanaan gambar bangunan yang ada di dunia usaha dan dunia industri.
  3. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang perencanaan gambar bangunan yang profesional.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) MATA PELAJARAN PRODUKTIF

 

  1. TEKNIK GAMBAR BANGUNAN

         DASAR KEJURUAN

       1.Menerapkan dasar-dasar gambar teknik

       2.Menerapkan ilmu statika dan tegangan

       3.Mengidentifikasi ilmu bangunan gedung

       4.Memahami bahan bangunan

       5.Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

      SKL

  1. Siswa mampu menggambar dan menghitung statika bangunan
  2. Siswa mampu mengindentifikasi dan memahami bahan bangunan dengan memperhatikan K3

       TUJUAN

  1. Siswa mampu menggambar dan menghitung statika serta tegangan diaplikasikan dengan kehidupan sehari hari
  1. Siswa mampu mengindentifikasi bangunan dan memperhatikan K3 dalam pekerjaandi tempat kerja.

        RUANG LINGKUP

  1. Menggambar dasar, menghitung statika dan tegangan, mengetahui bahan bangunan.
  2. Mengetahui ilmu bangunan gedung ,menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

       STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR (SK / KD)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. 1.      Menerapkan dasar-dasar gambar teknik

1.1     Menjelaskan dasar-dasar gambar teknik

1.2     Mengidentifikasi peralatan gambar teknik

1.3     Menggambar garis

1.4     Menggambar bentuk bidang dan bentuk tiga dimensi

1.5     Menggambar proyeksi benda

1.6     Menggambar dengan perangkat lunak (software) untuk gambar teknik.

  1. 2.      Menerapkan ilmu statika

2.1   Menjelaskan besaran vektor, sistem satuan, dan hukum Newton

2.2   Menerapkan besaran vektor pada gaya, momen dan kopel

2.3   Membuat diagram gaya normal, momen gaya, kopel pada konstruksi bangunan

2.4   Menerapkan teori keseimbangan

2.5   Menerapkan teori tegangan pada konstruksi bangunan.

  1. 3.      Memahami Ilmu Bahan Bangunan

 

3.1. Mendikripsikan bahan bangunan dari Kayu

3.2. Mendiskripsikan bahan bangunan dari Batu

3.3. Mendiskripsikan bahan bangunan dari Baja

  1. 4.      Memahami Ilmu  Bangunan Gedung

4.1   Mendeskripsikan bagian –bagian bangunan gedung

4.2   Menjelaskan macam –macam pekerjaan batu bata

4.3   Menjelaskan dasar –dasar plambing

4.4   Menjelaskan jenis pondasi yang tepat untuk bangunan sesuai dengan jenis tanahnya

4.5   Menjelaskan macam-macam sambungan

  1. 5.      Menerapkan keselamatan dan   kesehatan kerja (K3)

5.1   Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

5.2   Melaksanakan prosedur K3

 

KOMPETENSI KEJURUAN

  1. Mengatur tata letak gambar manual

SKL :

  1. Siswa mampu membuat daftar gambar.
  2. Siswa mampu membuat gambar catatan dan legenda umum.
  3. Siswa mampu menggambar lembar halaman muka dan informasinya.
  4. Siswa mampu mengatur tata letak gambar manual.
  5. Siswa mampu membuat format lembaran gambar

TUJUAN :

  1. Siswa diharapkan mampu membuat daftar gambar.
  2. Siswa diharapkan mampu membuat gambar catatan dan legenda umum.
  3. Siswa diharapkan mampu menggambar lembar halaman muka dan informasinya.
  4. Siswa diharapkan mampu mengatur tata letak gambar manual.
  5. Siswa diharapkan mampu membuat format lembaran gambar.

RUANG LINGKUP :

  1. Membuat daftar gambar.
  2. Membuat gambar catatandan legenda umum.
  3. Menggambar lembar halaman muka dan informasinya.
  4. Mengatur tata letak gambar manual.
  5. Membuat format lembaran gambar.

SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mengatur tata letak gambar manual

  1. Membuat daftar gambar.
  2. Membuat gambar catatandan legenda umum.
  3. Menggambar lembar halaman muka dan informasinya.
  4. Mengatur tata letak gambar manual.
  5. Membuat format lembaran gambar.

 

2.Menggambar dengan perangkat lunak

SKL :

  1. Siswa mampu mendiskripsikan perangkat lunak menggambar bangunan.
  2. Siswa mampu mengatur tata letak gambar pada model space dengan perangkat lunak.
  3. Siswa mampu membuat back up data level 1.
  4. Siswa mampu membuat restore data level 1.
  5. Siswa mampu menggambar dengan perangkat lunak.
  6. Siswa mampu mencetak gambar dengan perangkat lunak.

TUJUAN :

  1. Mampu mendiskripsikan perangkat lunak menggambar bangunan.
  2. Mampu mengatur tata letak gambar pada model space dengan perangkat lunak.
  3. Mampu membuat back up data level 1.
  4. Mampu membuat restore data level 1.
  5. Mampu menggambar dengan perangkat lunak.
  6. Mampu mencetak gambar dengan perangkat lunak.

RUANG LINGKUP :

  1. Mendiskripsikan perangkat lunak menggambar bangunan.
  2. Mengatur tata letak gambar pada model space dengan perangkat lunak.
  3. Membuat back up data level 1.
  4. Membuat restore data level 1.
  5. Menggambar dengan perangkat lunak.
  6. Mencetak gambar dengan perangkat lunak.

SK/KD

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menggambar dengan perangkat lunak

  1. Mendiskripsikan perangkat lunak menggambar bangunan.
  2. Mengatur tata letak gambar pada model space dengan perangkat lunak.
  3. Membuat back up data level 1.
  4. Membuat restore data level 1.
  5. Menggambar dengan perangkat lunak.
  6. Mencetak gambar dengan perangkat lunak.

 

 3.      Membuat gambar rencana kolom beton bertulang

SKL :

  1. Siswa mampu mendiskripsikan kolom struktur gedung beton bertulang.
  2. Siswa mampu merancang rencana kolom struktur gedung beton bertulang.
  3. Siswa mampu menggambar denah perletakan kolom struktur gedung beton bertulang.
  4. Siswa mampu menggambar tulangan kolom kolom struktur gedung beton bertulang.
  5. Siswa mampu membuat daftar tulangan kolom struktur gedung beton bertulang pada gambar.

TUJUAN :

  1. Siswa diharapkan mampu mendiskripsikan kolom struktur gedung beton bertulang.
  2. Siswa diharapkan mampu merancang rencana kolom struktur gedung beton bertulang.
  3. Siswa diharapkan mampu menggambar denah perletakan kolom struktur gedung beton bertulang.
  4. Siswa diharapkan mampu menggambar tulangan kolom kolom struktur gedung beton bertulang.
  5. Siswa diharapkan mampu membuat daftar tulangan kolom struktur gedung beton bertulang pada gambar.

RUANG LINGKUP :

  1. Mendiskripsikan kolom struktur gedung beton bertulang.
  2. Merancang rencana kolom struktur gedung beton bertulang.
  3. Menggambar denah perletakan kolom struktur gedung beton bertulang.
  4. Menggambar tulangan kolom kolom struktur gedung beton bertulang.
  5. Membuat daftar tulangan kolom struktur gedung beton bertulang pada gambar.

SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Membuat gambar rencana kolom beton bertulang

  1. Mendiskripsikan kolom struktur gedung beton bertulang.
  2. Merancang rencana kolom struktur gedung beton bertulang.
  3. Menggambar denah perletakan kolom struktur gedung beton bertulang.
  4. Menggambar tulangan kolom kolom struktur gedung beton bertulang.
  5. Membuat daftar tulangan kolom struktur gedung beton bertulang pada gambar.

4. Membuat gambar rencana balok beton bertulang

SKL :

  1. Siswa mampu mendiskripsikan balok struktur gedung beton bertulang.
  2. Siswa mampu merancang rencana balok struktur gedung beton bertulang.
  3. Siswa mampu menggambar denah perletakan balok struktur gedung beton bertulang.
  4. Siswa mampu menggambar tulangan kolom balok struktur gedung beton bertulang.
  5. Siswa mampu membuat daftar tulangan balok struktur gedung beton bertulang pada gambar.

TUJUAN :

  1. Siswa diharapkan mampu mendiskripsikan balok struktur gedung beton bertulang.
  2. Siswa diharapkan mampu merancang rencana balok struktur gedung beton bertulang.
  3. Siswa diharapkan mampu menggambar denah perletakan balok struktur gedung beton bertulang.
  4. Siswa diharapkan mampu menggambar tulangan kolom balok struktur gedung beton bertulang.
  5. Siswa diharapkan mampu membuat daftar tulangan balok struktur gedung beton bertulang pada gambar.

RUANG LINGKUP :

  1. Mendiskripsikan balok struktur gedung beton bertulang.
  2. Merancang rencana balok struktur gedung beton bertulang.
  3. Menggambar denah perletakan balok struktur gedung beton bertulang.
  4. Menggambar tulangan balok struktur gedung beton bertulang.
  5. Membuat daftar tulangan balok struktur gedung beton bertulang pada gambar.

SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Membuat gambar rencana balok beton bertulang

 

  1. Mendiskripsikan balok struktur gedung beton bertulang.
  2. Merancang rencana balok struktur gedung beton bertulang.
  3. Menggambar denah perletakan balok struktur gedung beton bertulang.
  4. Menggambar tulangan balok struktur gedung beton bertulang.
  5. Membuat daftar tulangan balok struktur gedung beton bertulang pada gambar.

 

 5.      Menggambar konstruksi lantai dan dinding bangunan

SKL:

  1. Siswa mampu mendeskripsikan konstruksi lantai dan dinding bangunan.
  2. Siswa mampu menggambar konstruksi lantai.
  3. Siswa mampu menggambar modifikasi pola lantai.
  4. Siswa mampu menggambar konstruksi bata dan batako.
  5. Siswa mampu menggambar konstruksi penutup dinding dan kolom.
  6. Siswa mampu menggambar finishing dinding dan kolom.

TUJUAN :

  1. Dapat mendeskripsikan konstruksi lantai dan dinding bangunan.
  2. Dapat menggambar konstruksi lantai.
  3. Dapat menggambar modifikasi pola lantai.
  4. Dapat menggambar konstruksi bata dan batako.
  5. Dapat menggambar konstruksi penutup dinding dan kolom.
  6. Dapat menggambar finishing dinding dan kolom.

RUANG LINGKUP :

  1. Mendeskripsikan konstruksi lantai dan dinding bangunan.
  2. Menggambar konstruksi lantai.
  3. Menggambar modifikasi pola lantai.
  4. Menggambar konstruksi bata dan batako.
  5. Menggambar konstruksi penutup dinding dan kolom.
  6. Menggambar finishing dinding dan kolom.

SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menggambar konstruksi lantai dan dinding bangunan

  1. Mendeskripsikan konstruksi lantai dan dinding bangunan.
  2. Menggambar konstruksi lantai.
  3. Menggambar modifikasi pola lantai.
  4. Menggambar konstruksi bata dan batako.
  5. Menggambar konstruksi penutup dinding dan kolom.
  6. Menggambar finishing dinding dan kolom.

 

 6.      Menggambar rencana dinding penahan

SKL:

  1. Siswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip rencana dinding penahan.
  2. Siswa mampu merancang denah rencana penulangan dinding penahan.
  3. Siswa mampu menggambar denah rencana penulangan dinding penahan.
  4. Siswa mampu menggambar detail penulangan dinding penahan.
  5. Siswa mampu membuat daftar tulangan dinding penahan pada gambar.

TUJUAN :

  1. Dapat menjelaskan prinsip-prinsip rencana dinding penahan.
  2. Dapat merancang denah rencana penulangan dinding penahan.
  3. Dapat menggambar denah rencana penulangan dinding penahan.
  4. Dapat menggambar detail penulangan dinding penahan.
  5. Dapat membuat daftar tulangan dinding penahan pada gambar.

RUANG LINGKUP :

  1. Menjelaskan prinsip-prinsip rencana dinding penahan.
  2. Merancang denah rencana penulangan dinding penahan.
  3. Menggambar denah rencana penulangan dinding penahan.
  4. Menggambar detail penulangan dinding penahan.
  5. Membuat daftar tulangan dinding penahan pada gambar.

SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menggambar rencana dinding penahan

 

  1. a.   Menjelaskan prinsip-prinsip rencana dinding penahan.
  2. b.   Merancang denah rencana penulangan dinding penahan.
  3. c.    Menggambar denah rencana penulangan dinding penahan.
  4. d.   Menggambar detail penulangan dinding penahan.
  5. e.    Membuat daftar tulangan dinding penahan pada gambar.

 

7.      Menggambar konstruksi kusen, pintu dan jendela

SKL:

  1. Siswa dapat mendiskripsikan jenis kusen, pintu, dan jendela.
  2. Siswa dapat memilih jenis kusen, pintu, dan jendela.
  3. Siswa dapat menggambar rencana kusen, pintu dan jendela.
  4. Siswa dapat menggambar rencana kusen, daun pintu dan jendela aluminium.
  5. Siswa dapat menggambar detail potongan dan sambungan.

TUJUAN :

  1. Dapat mendiskripsikan jenis kusen, pintu, dan jendela.
  2. Dapat memilih jenis kusen, pintu, dan jendela.
  3. Dapat menggambar rencana kusen, pintu dan jendela.
  4. Dapat menggambar rencana kusen, daun pintu dan jendela aluminium.
  5. Dapat menggambar detail potongan dan sambungan.

RUANG LINGKUP :

  1. Mendiskripsikan jenis kusen, pintu, dan jendela.
  2. Memilih jenis kusen, pintu, dan jendela.
  3. Menggambar rencana kusen, pintu dan jendela.
  4. Menggambar rencana kusen, daun pintu dan jendela aluminium.
  5. Menggambar detail potongan dan sambungan.

SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menggambar konstruksi kusen, pintu dan jendela

 

  1. Mendiskripsikan jenis kusen, pintu, dan jendela.
  2. Memilih jenis kusen, pintu, dan jendela.
  3. Menggambar rencana kusen, pintu dan jendela.
  4. Menggambar rencana kusen, daun pintu dan jendela aluminium.
  5. Menggambar detail potongan dan sambungan.

 

 8.      Menggambar rencana plat lantai

SKL:

  1. Siswa dapat mendiskripsikan rencana plat lantai.
  2. Siswa dapat merancang denah rencana penulangan plat lantai.
  3. Siswa dapat menggambar denah rencana penulangan plat lantai.
  4. Siswa dapat menggambar detail penulangan plat lantai.

TUJUAN :

  1. Dapat mendiskripsikan rencana plat lantai.
  2. Dapat merancang denah rencana penulangan plat lantai.
  3. Dapat menggambar denah rencana penulangan plat lantai.
  4. Dapat menggambar detail penulangan plat lantai.

RUANG LINGKUP :

  1. Mendiskripsikan rencana plat lantai.
  2. Merancang denah rencana penulangan plat lantai.
  3. Menggambar denah rencana penulangan plat lantai.
  4. Menggambar detail penulangan plat lantai. 

9.      Menggambar konstruksi tangga

SKL:

  1. Siswa dapat mendiskripsikan konstruksi tangga.
  2. Siswa dapat merancang konstruksi tangga.
  3. Siswa dapat menggambar konstruksi tangga beton.
  4. Siswa dapat menggambar konstruksi tangga dan railing kayu.
  5. Siswa dapat menggambar konstruksi tangga dan railing besi/baja.
  6. Siswa dapat menggambar bentuk-bentuk struktur tangga.

TUJUAN :

  1. Dapat mendiskripsikan konstruksi tangga.
  2. Dapat merancang konstruksi tangga.
  3. Dapat menggambar konstruksi tangga beton.
  4. Dapat menggambar konstruksi tangga dan railing kayu.
  5. Dapat menggambar konstruksi tangga dan railing besi/baja.
  6. Dapat menggambar bentuk-bentuk struktur tangga.

RUANG LINGKUP :

  1. Mendiskripsikan konstruksi tangga.
  2. Merancang konstruksi tangga.
  3. Menggambar konstruksi tangga beton.
  4. Menggambar konstruksi tangga dan railing kayu.
  5. Menggambar konstruksi tangga dan railing besi/baja.
  6. Menggambar bentuk-bentuk struktur tangga.

SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menggambar konstruksi tangga

 

  1. Mendiskripsikan konstruksi tangga.
  2. Merancang konstruksi tangga.
  3. Menggambar konstruksi tangga beton.
  4. Menggambar konstruksi tangga dan railing kayu.
  5. Menggambar konstruksi tangga dan railing besi/baja.
  6. Menggambar bentuk-bentuk struktur tangga.

 

  10.Menggambar konstruksi langit-langit

SKL:

  1. Siswa dapat mendiskripsikan konstruksi langit-langit.
  2. Siswa dapat menggambar pola langit-langit.
  3. Siswa dapat menggambar detail konstruksi langit-langit.
  4. Siswa dapat menggambar rencana titik lampu di langit-langit.

TUJUAN :

  1. Dapat mendiskripsikan konstruksi langit-langit.
  2. Dapat menggambar pola langit-langit.
  3. Dapat menggambar detail konstruksi langit-langit.
  4. Dapat menggambar rencana titik lampu di langit-langit.

RUANG LINGKUP :

  1. Mendiskripsikan konstruksi langit-langit.
  2. Menggambar pola langit-langit.
  3. Menggambar detail konstruksi langit-langit.
  4. Menggambar rencana titik lampu di langit-langit.

SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menggambar konstruksi langit-langit

  1. Mendiskripsikan konstruksi langit-langit.
  2. Menggambar pola langit-langit.
  3. Menggambar detail konstruksi langit-langit.
  4. Menggambar rencana titik lampu di langit-langit.

 

11.Menggambar konstruksi atap

      SKL :

  1. Siswa mampu menjelaskan konstruksi atap.
  2. Siswa mampu merancang konstruksi rangka atap.
  3. Siswa mampu menggambar detail potongan kuda-kuda dan setengah kuda-kuda.
  4. Siswa mampu menggambar detail sambungan.
  5. Siswa mampu menggambar konstruksi penutup atap.
  6. Siswa mampu menggambar konstruksi talang horisontal.

TUJUAN :

  1. Siswa diharapkan mampu menjelaskan konstruksi atap.
  2. Siswa diharapkan mampu merancang konstruksi atap.
  3. Siswa diharapkan mampu menggambar detail potongan kuda-kuda dan setengah kuda-kuda.
  4. Siswa diharapkan mampu menggambar detail sambungan.
  5. Siswa diharapkan mampu menggambar konstruksi penutup atap.
  6. Siswa diharapkan mampu menggambar konstruksi talang horizontal

RUANG LINGKUP :

  1. Menjelaskan konstruksi atap.
  2. Merancang konstruksi atap.
  3. Menggambar detail potongan kuda-kuda dan setengah kuda-kuda.
  4. Menggambar detail sambungan.
  5. Menggambar konstruksi penutup atap.
  6. Menggambar konstruksi talang horisontal.

SK/KD :

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menggambar konstruksi atap

  1. Menjelaskan konstruksi atap.
  2. Merancang konstruksi atap.
  3. Menggambar detail potongan kuda-kuda dan setengah kuda-kuda.
  4. Menggambar detail sambungan.
  5. Menggambar konstruksi penutup atap.
  6. Menggambar konstruksi talang horisontal.

 

12.Menggambar utilitas gedung

SKL:

  1. Siswa mampu mendiskripsikan utilitas bangunan.
  2. Siswa mampu menggambar instalasi listrik bangunan rumah tinggal dan gedung perkantoran.
  3. Siswa mampu menggambar instalasi plambing (air bersih, air kotor dan air panas).
  4. Siswa mampu menggambar drainase gedung tidak bertingkat dan gedung bertingkat.

TUJUAN :

  1. Siswa diharapkan mampu mendiskripsikan utilitas bangunan.
  2. Siswa diharapkan mampu menggambar instalasi listrik bangunan rumah tinggal dan gedung perkantoran.
  3. Siswa diharapkan mampu menggambar instalasi plambing (air bersih, air kotor dan air panas).
  4. Siswa diharapkan mampu menggambar drainase gedung tidak bertingkat dan gedung bertingkat.

RUANG LINGKUP :

  1. Mendiskripsikan utilitas bangunan.
  2. Menggambar instalasi listrik bangunan rumah tinggal dan gedung perkantoran.
  3. Menggambar instalasi plambing (air bersih, air kotor dan air panas).
  4. Menggambar drainase gedung tidak bertingkat dan gedung bertingkat.

 SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menggambar utilitas gedung

  1. Mendiskripsikan utilitas bangunan.
  2. Menggambar instalasi listrik bangunan rumah tinggal dan gedung perkantoran.
  3. Menggambar instalasi plambing (air bersih, air kotor dan air panas).
  4. Menggambar drainase gedung tidak bertingkat dan gedung bertingkat.

 

13.Menggambar lay out dekorasi interior dan eksterior 

SKL:

  1. Siswa dapat mengidentifikasi elemen ruang, dekorasi interior dan eksterior.
  2. Siswa dapat mendiskripsikan ruang, estetika, dekorasi interior dan eksterior.
  3. Siswa dapat membaca gambar lay out dekorasi interior dan eksterior.
  4. Siswa dapat mendiskripsikan fungsi, suasana, harmoni interior dan eksterior. 

TUJUAN :

  1. Dapat mengidentifikasi elemen ruang, dekorasi interior dan eksterior.
  2. Dapat mendiskripsikan ruang, estetika, dekorasi interior dan eksterior.
  3. Dapat membaca gambar lay out dekorasi interior dan eksterior.
  4. Dapat mendiskripsikan fungsi, suasana, harmoni interior dan eksterior. 

RUANG LINGKUP :

  1. Mengidentifikasi elemen ruang, dekorasi interior dan eksterior.
  2. Mendiskripsikan ruang, estetika, dekorasi interior dan eksterior.
  3. Membaca gambar lay out dekorasi interior dan eksterior.
  4. Mendiskripsikan fungsi, suasana, harmoni interior dan eksterior. 

 

SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menggambar lay out dekorasi interior dan eksterior

  1. Mengidentifikasi elemen ruang, dekorasi interior dan eksterior.
  2. Mendiskripsikan ruang, estetika, dekorasi interior dan eksterior.
  3. Membaca gambar lay out dekorasi interior dan eksterior.
  4. Mendiskripsikan fungsi, suasana, harmoni interior dan eksterior. 

 

 14.Menggambar dekorasi interior rumah tinggal , perkantoran  dan ruang publik

SKL:

  1. Siswa dapat menentukan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
  2. Siswa dapat menggambar elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
  3. Siswa dapat memilih warna elemen ruang dan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
  4. Siswa dapat mengidentifikasi luas dan kebutuhan ruang masing-masing elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.

TUJUAN :

  1. Dapat menentukan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
  2. Dapat menggambar elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
  3. Dapat memilih warna elemen ruang dan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
  4. Dapat mengidentifikasi luas dan kebutuhan ruang masing-masing elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.

RUANG LINGKUP :

  1. Menentukan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
  2. Menggambar elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
  3. Memilih warna elemen ruang dan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
  4. Mengidentifikasi luas dan kebutuhan ruang masing-masing elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.

SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menggambar dekorasi interior rumah tinggal , perkantoran  dan ruang publik

 

  1. Menentukan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
  2. Menggambar elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
  3. Memilih warna elemen ruang dan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
  4. Mengidentifikasi luas dan kebutuhan ruang masing-masing elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.

15.Menerapkan desain interior bangunan

SKL :

  1. Mampu mendiskripsikan desain interior bangunan.
  2. Mampu menjelaskan konsep dan gaya interior bangunan.
  3. Mampu menentukan komposisi bentuk interior bangunan.
  4. Mampu membuat desain interior pada ruang bangunan 

TUJUAN :

  1. Siswa diharapkan mampu mendiskripsikan desain interior bangunan.
  2. Siswa diharapkan mampu menjelaskan konsep dan gaya interior bangunan.
  3. Siswa diharapkan mampu menentukan komposisi bentuk interior bangunan.
  4. Siswa diharapkan mampu membuat desain interior pada ruang bangunan.

 RUANG LINGKUP :

  1. Mendiskripsikan desain interior bangunan.
  2. Menjelaskan konsep dan gaya interior bangunan.
  3. Menentukan komposisi bentuk interior bangunan.
  4. Membuat desain interior pada ruang bangunan.

 SK/KD :

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menerapkan desain interior bangunan

  1. Mendiskripsikan desain interior bangunan.
  2. Menjelaskan konsep dan gaya interior bangunan.
  3. Menentukan komposisi bentuk interior bangunan.
  4. Membuat desain interior pada ruang bangunan.

 

 

16.Menentukan unsur penunjang desain interior dan ekterior bangunan

SKL:

  1. Siswa dapat menentukan ukuran skala manusia desain interior dan eksterior bangunan.
  2. Siswa dapat mengaplikasikan material interior dan eksterior bangunan.
  3. Siswa dapat menentukan pencahayaan buatan interior dan eksterior bangunan.
  4. Siswa dapat menentukan ornamen interior dan eksterior bangunan.
  5. Siswa dapat menggambar desain taman sebagai pendukung eksterior bangunan.

TUJUAN :

  1. Dapat menentukan ukuran skala manusia desain interior dan eksterior bangunan.
  2. Dapat mengaplikasikan material interior dan eksterior bangunan.
  3. Dapat menentukan pencahayaan buatan interior dan eksterior bangunan.
  4. Dapat menentukan ornamen interior dan eksterior bangunan.
  5. Dapat menggambar desain taman sebagai pendukung eksterior bangunan.

RUANG LINGKUP :

  1. Menentukan ukuran skala manusia desain interior dan eksterior bangunan.
  2. Mengaplikasikan material interior dan eksterior bangunan.
  3. Menentukan pencahayaan buatan interior dan eksterior bangunan.
  4. Menentukan ornamen interior dan eksterior bangunan.
  5. Menggambar desain taman sebagai pendukung eksterior bangunan.

SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menentukan unsur penunjang desain interior dan ekterior bangunan

 

  1. Menentukan ukuran skala manusia desain interior dan eksterior bangunan.
  2. Mengaplikasikan material interior dan eksterior bangunan.
  3. Menentukan pencahayaan buatan interior dan eksterior bangunan.
  4. Menentukan ornamen interior dan eksterior bangunan.
  5. Menggambar desain taman sebagai pendukung eksterior bangunan.

 

17. Menerapkan desain ekterior bangunan

SKL:

  1. Siswa dapat mendiskripsikan desain eksterior.
  2. Siswa dapat menjelaskan konsep dan gaya eksterior bangunan.
  3. Siswa dapat menentukan komposisi bentuk eksterior bangunan.
  4. Siswa dapat membuat desain eksterior pada ruang.

TUJUAN :

  1. Dapat mendiskripsikan desain eksterior.
  2. Dapat menjelaskan konsep dan gaya eksterior bangunan.
  3. Dapat menentukan komposisi bentuk eksterior bangunan.
  4. Dapat membuat desain eksterior pada ruang.

RUANG LINGKUP :

  1. Mendiskripsikan desain eksterior.
  2. Menjelaskan konsep dan gaya eksterior bangunan.
  3. Menentukan komposisi bentuk eksterior bangunan.
  4. Membuat desain eksterior pada ruang.

SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menerapkan desain ekterior bangunan

  1. Mendiskripsikan desain eksterior.
  2. Menjelaskan konsep dan gaya eksterior bangunan.
  3. Menentukan komposisi bentuk eksterior bangunan.
  4. Membuat desain eksterior pada ruang.

 

18.Menerapkan material finishing bangunan

SKL:

  1. Siswa dapat mendiskripsikan material finishing bangunan.
  2. Siswa dapat mendiskripsikan finishing material interior dan eksterior bangunan.

TUJUAN :

  1. Dapat mendiskripsikan material finishing bangunan.
  2. Dapat mendiskripsikan finishing material interior dan eksterior bangunan.

RUANG LINGKUP :

  1. Mendiskripsikan material finishing bangunan.
  2. Mendiskripsikan finishing material interior dan eksterior bangunan.

 SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Menerapkan material finishing bangunan

 

  1. Mendiskripsikan material finishing bangunan.
  2. Mendiskripsikan finishing material interior dan eksterior bangunan.

 

 19. Merancang Partisi ruang

SKL :

  1. Siswa mampu menjelaskan macam-macam partisi ruang.
  2. Siswa mampu menjelaskan bentuk/model partisi ruang.
  3. Siswa mampu menentukan penggunaan bahan dan bentuk/model partisi ruang.
  4. Siswa mampu menggambar konstruksi partisi ruang.

 

TUJUAN :

  1. Siswa diharapkan mampu mendeskripsikan macam-macam partisi ruang
  2. Siswa diharapkan mampu mendeskripsikan bentuk/model partisi ruang
  3. Siswa diharapkan mampu menentukan penggunaan bahan dan bentuk/model partisi ruang
  4. Siswa diharapkan mampu menggambar konstruksi partisi ruang

RUANG LINGKUP :

  1. Menjelaskan macam-macam partisi ruang.
  2. Menjelaskan bentuk/model partisi ruang.
  3. Menentukan penggunaan bahan dan bentuk/model partisi ruang.
  4. Menggambar konstruksi partisi ruang.

SK/KD:

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Merancang partisi ruang

  1. Menjelaskan macam-macam partisi ruang.
  2. Menjelaskan bentuk/model partisi ruang.
  3. Menentukan penggunaan bahan dan bentuk/model partisi ruang.
  4. Menggambar konstruksi partisi ruang.

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR MUATAN LOKAL

1.      LATAR  BELAKANG

Perkembangan pembangunan konstruksi akhir-akhir ini terus meningkat seiring dengan pembangunan di segala bidang.  Kemajuan pembangunan tersebut menuntut adanya kesiapan  tenaga kerja tingkat menengah baik sebagai perencana maupun pelaksana pembangunan.  Adanya kesiapan tenaga kerja tingkat menengah juga tidak terlepas dari  perencanaan pembelajaran yang kita ajarkan. Oleh karena itu  menghitung rencana anggaran biaya bangunan merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting diajarkan kepada peserta didik dan ini merupakan kebutuhan mendesak yang harus kuasai oleh peserta didik

Dengan pembelajaran menghitung rencana anggaran biaya bangunan dapat dikembangkan kemampuan dalam merencana suatu bangunan dengan cepat dan tepat. Selain itu juga mengembangkan kemampuan  peserta didik   agar menjadi warga negara yang cerdas, dapat mengembangkan ilmu, berwawasan dan berkepribadian Indonesia serta siap mengambil bagian dari pembangunan nasional pada umumnya dan tuntutan di dunia kerja pada khususnya.

Oleh karena itu kompetensi pembelajaran yang disusun baik standar kompetensi dan kompetensi dasar harus dipersiapkan untuk mencapai tujuan kompetensi yang ditetapkan yaitu pembuatan laporan dokumen proyek. Secara garis besar kopetensi yang dipelajari pada pelajarna mulok   menghitung rencana anggaran biaya bangunan adalah mengidentifikasi dan spesifikasi bahan bangunan, menganalisa dan menyusun kebutuhan bahan dan upah kerja, menyusun daftar harga satuan pekerjaan, menghitung kubikasi pekerjaan, membuat estimasi untuk bangunan gedung sederhana serta menyusun laporan hasil perhitungan untuk gedung sederhana.

 2.      TUJUAN

Pembelajaran Mulok (Rencana Anggaran Biaya) pada kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan  bertujuan agar para peserta didik memiliki kemampuan dasar dalam perenanaan bangunan sehingga untuk pelaksaan pembangunan tidak akan banyak masalah yang terjadi. Sehingga siswa diharapkan merencana besar biaya yang diperlukan untuk pembuatan bangunan.  

Tujuan diberikannya materi mata pelajaran muatan lokal ini adalah:

  1. Siswa dapat membaca bestek dengan baik dan benar
  2. Siswa dapat menghitung kubikasi pekerjaan bangunan
  3. Siswa dapat menghitung kebutuhan bahan yang diperlukan
  4. Siswa dapat menghitung kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan
  5. Siswa dapat menyusun daftar harga satuan pekerjaan
  6. Siswa dapat membuat estimasi biaya bangunan (RAB)
  7. Siswa dapat membuat rencana kerja
  8. Siswa dapat membuat dokumen pelaporan proyek

   7. RUANG LINGKUP

Kompetensi mata pelajaran muatan lokal, pada pendidikan menengah kejuruan untuk  Program Studi keahlian Teknik Bangunan pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Banmgunan  SMKN 3 Metro ruang lingkupnya adalah sebagai berikut :

  1. Mengidentifikasi material bangunan yang diperlukan
  2. Menganalisa dan menyusun kebutuhan bahan dan upah pekerja
  3. Menghitung kubikasi pekerjaan bangunan
  4. Menghitung kebutuhan bahan yang diperlukan
  5. Menghitung kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan
  6. Menyusun daftar harga satuan pekerjaan
  7. Membuat estimasi biaya bangunan (RAB)
  8. Membuat dokumen pelaporan proyek
  9. Membaca dan menterjemahkan gambar konstruksi

8.  STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

NO

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1

Menghitung rencana anggaran biaya bangunan

  • Mengidentifi kasi Daftar Spesifikasi bahan yang diperlukan

 

 

  • Menganalisa dan menyusun Daftar Volume Kebutuhan bahan dan upah kerja.
  • Menyusun Daftar harga bahan dan upah kerja.
  • Membuat jadwal prioritas kebutuhan bahan
  • Menyusun Daftar Volume Kebutuhan Alat.
 
  • Menghitung volume pekerjaan bangunan gedung sederhana, bangunan air, jalan dan jembatan.
  • Membuat estimasi  biaya / RAB untuk bangunan gedung sederhana, bangunan air, jalan dan jembatan.

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Rencana Anggaran Biaya ( RAB )

  1. Mengidentifi kasi Daftar Spesifikasi bahan yang diperlukan

 

  1. Menganalisa dan menyusun Daftar Volume Kebutuhan bahan dan upah kerja.

 

  1. Menyusun Daftar harga bahan dan upah kerja.

 

  1. Menyusun Daftar Volume Kebutuhan Alat.

 

  1. Membuat jadwal prioritas kebutuhan bahan

 

  1. Menghitung volume pekerjaan bangunan gedung sederhana, bangunan air, jalan dan jembatan.

 

7. Membuat Estimasi Biayab ( RAB )

Adapun materi produktif yang dipelajari :

  • Gambar Teknik Dasar
  • Gambar Konstruksi Batu Beton
  • Gambar Konstruksi Lantai
  • Gambar Proyeksi Bangunan
  • Autocad Dasar
  • Gambar Konstruksi Kusen
  • Gambar Konstruksi Penutup Atap
  • Menggambar Bangunan Gedung dan Dokumen Proyek
  • Autocad Lanjut
  • Gambar Konstruksi Beton
  • Gambar Konstruksi Tangga
  • Gambar Konstruksi Jalan dan Jembatan
  • Gambar Konstruksi Saluran Air
  • Praktek Dasar
Kurikulum Pengajaran
KOMPETENSI DASAR KELAS X KELAS XI KELAS XII TOTAL JAM
ADAPTTIF
NORMATIF
MULOK
PENGEMBANGAN DIRI
 
Keterangan   Tidak Ada Jam Pelajaran